19 September 2011

PT Dituntut Hasilkan Lulusan Berkarakter
Perguruan tinggi dituntut mampu membentuk lullusan yang berkarakter serta memiliki disiplin keilmuan tinggi. Hanya dengan bekal demikian, bangsa Indonesia dapat berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang lebih maju.
Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo saat memberikan ceramah dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2011-2012, Rabu 07 September 2011di Kampus UNJANI Cimahi.
Hanya dengan memiliki karakter yang kuat, kuat kita bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Negara kita tidak lagi mudah ditipu oleh orang asing seperti yang sudah-sudah, ucapnya sambil merujuk pengelolaan sebuah tambang raksasa di Papua.
Menurut Pramono Edhie, pendidikan tinggi merupakan salah satu wadah utama bagi para pemuda untuk mengembleng karakter. Oleh sebab itu ia mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan benar waktu-waktu kuliah dengan belajar keras dengan penuh disiplin.
"Nilai terpenting dari segala keberhasilan adalah disiplin diri. Jika kita mampu menerapkan itu, niscaya tak perlu lagi kita minder melihat bangsa lain. Indonesia memiliki segala yang dibutuhkan untuk menjadi bangsa besar yang maju" tuturnya.

Kenaikan.
Rektor Unjani Heriyono, dalam sambutannya mengungkapkan, terjadinya kenaikan jumlah mahasiswa baru hasil seleksi setiap tahunnya. Tahun ini 2.684 orang mahasiswa baru diterima atau naik sikitar 12,73 %, dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 2.381 orang. Seluruh mahasiswa dalam 22 program studi pada enam fakultas. Jumlah mahasiswa baru yang terbanyak ada pada fakultas teknik, yakni 862 orang.
Menurut Heriyono, Unjani terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dengan berbagai cara. Pengembangan penaralaran keilmuan serta pengembangan bakat merupakan dua dari lima prioritas, harapannya lulusan nantinya memiliki daya saing yang semakin baik. (Pikiran Rakyat 8 September 2011 hal 18)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar